Dampak kesalahan berkomunikasi dalam
bisnis bisa berakibat fatal bagi keberlangsungan bisnis tersebut. Kita
tahu bahwa komunikasi adalah sesuatu yang sangat penting dalam bisnis
apapun, dan komunikasi yang baik harus diperhatikan dan diterapkan
terus-menerus.
Berkomunikasi adalah sebuah proses bertukar informasi yang melibatkan
dua atau beberapa orang, kelompok, dan masyarakat, yang menciptakan dan
menggunakan informasi tersebut agar terhubung dengan orang dan
lingkungan lain. Dengan adanya komunikasi yang baik, maka kita
memberikan informasi yang kita miliki kepada orang lain dengan baik.
Dalam dunia usaha, komunikasi memiliki
peranan yang sangat penting, misalnya untuk proses pemasaran, pertemuan
bisnis dengan orang lain, dan lain sebagainya. Seorang pengusaha
biasanya memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik agar bisnisnya
berjalan sesuai dengan harapan.
Namun, sebagai manusia terkadang para
pebisnis juga bisa melakukan kesalahan dalam berkomunikasi. Kesalahan
berkomunikasi ini bisa mengakibatkan kesalahpahaman antar para pelaku
bisnis sehingga berdampak pada kelangsungan usaha yang dilakukan.
Ada kalanya kita tidak tahu dampak kesalahan berkomunikasi dalam
bisnis, sehingga menganggap remeh masalah ini. Namun, pada akhirnya
sebagai pelaku usaha tentu harus mengetahui hal tersebut agar tidak
mengulangi kesalahan yang sama.Berikut ini adalah lima dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis yang perlu kita ketahui:
1. Kesalahpahaman Akan Terjadi
Informasi yang disalahmengerti oleh
orang yang berkomunikasi akan menimbulkan kesalahpahaman. Kesalahpahaman
ini bukan tanpa akibat, tentu saja akan memberikan dampak buruk bagi
kegiatan bisnis seseorang.
Setiap individu pasti memilih persepsi
dan cara pandang yang berbeda tentang sesuatu, dan seringkali ucapan
seseorang disalahartikan oleh lawan bicaranya. Hal ini sering terjadi
dan sebagian orang menganggapnya sesuatu yang wajar.
Namun, bila kita bicara tentang bisnis,
ketika terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi maka akan memberikan
dampak negatif pada kedua belah pihak. Oleh karena itu, sebagai pelaku
usaha, kita harus menyampaikan dan menerima informasi dengan baik dan
tepat.
Lebih baik lagi bila kita mengkonfirmasi
semua informasi yang ada kepada lawan bicara agar tidak terjadi
kesalahpahaman dalam berkomunikasi.
Artikel lain: 10 Penyebab Kegagalan Usaha Baru, Kecil, dan Besar yang Harus Diwaspadai2. Membuat Kinerja Tidak Maksimal
Pada dasarnya kinerja yang tidak
maksimal dalam sebuah bisnis bisa terjadi karena beberapa faktor, dan
salah satunya adalah karena kesalahpahaman atas informasi yang diterima.
Informasi yang salah tentu akan menghasilkan kinerja yang tidak
sesuai harapan. Ini sering terjadi pada bisnis yang proses kerjanya
serba cepat dan banyak gangguan di sekitarnya.Ada kalanya seseorang salah mengerti atas informasi yang didapatkannya, sehingga ia bekerja tidak sesuai dengan yang diinginkan. Pada akhirnya output yang dihasilkan pun tidak sesuai dengan diharapkan.
3. Proses Bisnis Tidak Sesuai Harapan
Dampak kesalahan berkomunikasi dalam
bisnis berikutnya adalah proses bisnis yang bisa berantakan. Ketika
proses bisnis tidak sesuai harapan maka hal buruk bisa terjadi, misalnya
produksi tidak maksimal, penjualan merosot tajam, dan lain sebagainya.
Itulah alasannya mengapa meeting
perlu dilakukan sebelum melakukan langkah-langkah penting dalam
menjalankan usaha. Dengan komunikasi yangbaik, maka para pekerja akan
mendapatkan solusi dari berbagai pembahasan masalah dalam pertemuan
meeting tersebut.
Selain itu, berkomunikasi dengan baik
dalam bisnis akan membuat proses bisnis semakin mudah dan terarah. Oleh
sebab itu, hindari kesalahan dalam memberikan dan menerima informasi
dalam menjalankan bisnis karena akan sangat berpengaruh pada
keberhasilan bisnis yang dijalankan.
4. Menurunnya Kemampuan Pelayanan dan Pemasaran
Dalam dunia bisnis, pasti akan
berhubungan dengan pemasaran dan pelayanan. Dan ketika kita bicara
tentang proses pemasaran dan pelayanan, pasti dibutuhkan kemampuan dalam
berkomunikasi yang baik dengan orang lain.
Saat melakukan pemasaran bisnis,
menyampaikan informasi secara tepat dan bisa mempengaruhi orang lain
akan memberikan dampak yang besar bagi penjualan dalam jangka panjang.
Kesalahan dalam memberikan informasi dalam pemasaran akan membuat proses
pemasaran tersebut gagal, akhirnya penjualan pun merosot.
Pun demikian halnya dalam pelayanan yang
diberikan kepada konsumen. Pelayanan tidak akan maksimal jika kita
tidak memberikan informasi yang akurat kepada konsumen.
Kepuasan konsumen tidak hanya soal
kualitas produk, tapi juga dalam hal pelayanan. Oleh karena itu,
sebaiknya para pekerja sebuah bisnis harus memiliki pengetahuan yang
memadai agar tidak memberikan informasi yang keliru kepada konsumen.
5. Hilangnya Rasa Percaya Dari Orang Lain
Berikutnya, dampak kesalahan
berkomunikasi dalam bisnis adalah hilangnya rasa percaya dari orang
lain. Kesalahan berkomunikasi yang berulang yang Anda lakukan pasti akan
membuat orang lain meragukan integritas Anda, dan pada akhirnya akan
membuat mereka tidak percaya lagi pada bisnis Anda.
Kita tahu bahwa keberhasilan sebuah
kerjasama bisnis adalah rasa percaya dan juga menjaga rasa percaya itu
terus menerus. Jika sudah tidak ada lagi rasa percaya dalam menjalankan
kerjasama, maka hal ini akan menimbulkan kinerja yang tidak efektif dan
rasa kurang nyaman dalam menjalankan usaha.
Itulah sebabanya kita harus menghindari kesalahan berkomunikasi dalam
bisnis, agar rasa percaya antara satu dan lainnya tetap terjaga dengan
baik.Baca juga: 5 Manfaat Business Plan Yang Perlu Dipahami Pebisnis
Kesimpulan
Di atas tadi adalah lima dampak
kesalahan berkomunikasi dalam bisnis yang bisa berakibat buruk. Bagi
para pengusaha tentunya hal ini adalah standar pengetahuan yang harus
dikuasai sejak awal, dengan begitu kita bisa lebih memperhatikan cara
penyampaian informasi kepada orang lain. Semoga bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment