
Dampak kesalahan berkomunikasi dalam 
bisnis bisa berakibat fatal bagi keberlangsungan bisnis tersebut. Kita 
tahu bahwa komunikasi adalah sesuatu yang sangat penting dalam bisnis 
apapun, dan komunikasi yang baik harus diperhatikan dan diterapkan 
terus-menerus.
Berkomunikasi adalah sebuah proses bertukar informasi yang melibatkan
 dua atau beberapa orang, kelompok, dan masyarakat, yang menciptakan dan
 menggunakan informasi tersebut agar terhubung dengan orang dan 
lingkungan lain. Dengan adanya komunikasi yang baik, maka kita 
memberikan informasi yang kita miliki kepada orang lain dengan baik.
Dalam dunia usaha, komunikasi memiliki 
peranan yang sangat penting, misalnya untuk proses pemasaran, pertemuan 
bisnis dengan orang lain, dan lain sebagainya. Seorang pengusaha 
biasanya memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik agar bisnisnya 
berjalan sesuai dengan harapan.
Namun, sebagai manusia terkadang para 
pebisnis juga bisa melakukan kesalahan dalam berkomunikasi. Kesalahan 
berkomunikasi ini bisa mengakibatkan kesalahpahaman antar para pelaku 
bisnis sehingga berdampak pada kelangsungan usaha yang dilakukan.
Ada kalanya kita tidak tahu dampak kesalahan berkomunikasi dalam 
bisnis, sehingga menganggap remeh masalah ini. Namun, pada akhirnya 
sebagai pelaku usaha tentu harus mengetahui hal tersebut agar tidak 
mengulangi kesalahan yang sama.Berikut ini adalah lima dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis yang perlu kita ketahui:
1. Kesalahpahaman Akan Terjadi
Informasi yang disalahmengerti oleh 
orang yang berkomunikasi akan menimbulkan kesalahpahaman. Kesalahpahaman
 ini bukan tanpa akibat, tentu saja akan memberikan dampak buruk bagi 
kegiatan bisnis seseorang.
Setiap individu pasti memilih persepsi 
dan cara pandang yang berbeda tentang sesuatu, dan seringkali ucapan 
seseorang disalahartikan oleh lawan bicaranya. Hal ini sering terjadi 
dan sebagian orang menganggapnya sesuatu yang wajar.
Namun, bila kita bicara tentang bisnis, 
ketika terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi maka akan memberikan 
dampak negatif pada kedua belah pihak. Oleh karena itu, sebagai pelaku 
usaha, kita harus menyampaikan dan menerima informasi dengan baik dan 
tepat.
Lebih baik lagi bila kita mengkonfirmasi
 semua informasi yang ada kepada lawan bicara agar tidak terjadi 
kesalahpahaman dalam berkomunikasi.
Artikel lain: 10 Penyebab Kegagalan Usaha Baru, Kecil, dan Besar yang Harus Diwaspadai2. Membuat Kinerja Tidak Maksimal
Pada dasarnya kinerja yang tidak 
maksimal dalam sebuah bisnis bisa terjadi karena beberapa faktor, dan 
salah satunya adalah karena kesalahpahaman atas informasi yang diterima.
Informasi yang salah tentu akan menghasilkan kinerja yang tidak 
sesuai harapan. Ini sering terjadi pada bisnis yang proses kerjanya 
serba cepat dan banyak gangguan di sekitarnya.Ada kalanya seseorang salah mengerti atas informasi yang didapatkannya, sehingga ia bekerja tidak sesuai dengan yang diinginkan. Pada akhirnya output yang dihasilkan pun tidak sesuai dengan diharapkan.
3. Proses Bisnis Tidak Sesuai Harapan
Dampak kesalahan berkomunikasi dalam 
bisnis berikutnya adalah proses bisnis yang bisa berantakan. Ketika 
proses bisnis tidak sesuai harapan maka hal buruk bisa terjadi, misalnya
 produksi tidak maksimal, penjualan merosot tajam, dan lain sebagainya.
Itulah alasannya mengapa meeting
 perlu dilakukan sebelum melakukan langkah-langkah penting dalam 
menjalankan usaha. Dengan komunikasi yangbaik, maka para pekerja akan 
mendapatkan solusi dari berbagai pembahasan masalah dalam pertemuan 
meeting tersebut.
Selain itu, berkomunikasi dengan baik 
dalam bisnis akan membuat proses bisnis semakin mudah dan terarah. Oleh 
sebab itu, hindari kesalahan dalam memberikan dan menerima informasi 
dalam menjalankan bisnis karena akan sangat berpengaruh pada 
keberhasilan bisnis yang dijalankan.
4. Menurunnya Kemampuan Pelayanan dan Pemasaran
Dalam dunia bisnis, pasti akan 
berhubungan dengan pemasaran dan pelayanan. Dan ketika kita bicara 
tentang proses pemasaran dan pelayanan, pasti dibutuhkan kemampuan dalam
 berkomunikasi yang baik dengan orang lain.
Saat melakukan pemasaran bisnis, 
menyampaikan informasi secara tepat dan bisa mempengaruhi orang lain 
akan memberikan dampak yang besar bagi penjualan dalam jangka panjang. 
Kesalahan dalam memberikan informasi dalam pemasaran akan membuat proses
 pemasaran tersebut gagal, akhirnya penjualan pun merosot.
Pun demikian halnya dalam pelayanan yang
 diberikan kepada konsumen. Pelayanan tidak akan maksimal jika kita 
tidak memberikan informasi yang akurat kepada konsumen.
Kepuasan konsumen tidak hanya soal 
kualitas produk, tapi juga dalam hal pelayanan. Oleh karena itu, 
sebaiknya para pekerja sebuah bisnis harus memiliki pengetahuan yang 
memadai agar tidak memberikan informasi yang keliru kepada konsumen.
5. Hilangnya Rasa Percaya Dari Orang Lain
Berikutnya, dampak kesalahan 
berkomunikasi dalam bisnis adalah hilangnya rasa percaya dari orang 
lain. Kesalahan berkomunikasi yang berulang yang Anda lakukan pasti akan
 membuat orang lain meragukan integritas Anda, dan pada akhirnya akan 
membuat mereka tidak percaya lagi pada bisnis Anda.
Kita tahu bahwa keberhasilan sebuah 
kerjasama bisnis adalah rasa percaya dan juga menjaga rasa percaya itu 
terus menerus. Jika sudah tidak ada lagi rasa percaya dalam menjalankan 
kerjasama, maka hal ini akan menimbulkan kinerja yang tidak efektif dan 
rasa kurang nyaman dalam menjalankan usaha.
Itulah sebabanya kita harus menghindari kesalahan berkomunikasi dalam
 bisnis, agar rasa percaya antara satu dan lainnya tetap terjaga dengan 
baik.Baca juga: 5 Manfaat Business Plan Yang Perlu Dipahami Pebisnis
Kesimpulan
Di atas tadi adalah lima dampak 
kesalahan berkomunikasi dalam bisnis yang bisa berakibat buruk. Bagi 
para pengusaha tentunya hal ini adalah standar pengetahuan yang harus 
dikuasai sejak awal, dengan begitu kita bisa lebih memperhatikan cara 
penyampaian informasi kepada orang lain. Semoga bermanfaat.
 




 
0 comments:
Post a Comment