Thursday, November 23, 2017

0 Dasar-Dasar Manajemen Bisnis yang Harus Dipenuhi Saat Membangun Bisnis


Manajemen Bisnis
Manajemen Bisnis – Manajemen secara umum merupakan suatu proses dari serangkaian kegiatan mencakup perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan pengendalian/pengawasan dengan maksud untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Dalam hal ini, dasar-dasar manajemen sangat penting dipahami bagi seseorang yang sedang mengembangkan bisnis.
Tujuannya agar bisnis dapat berjalan sesuai dengan pengelolaan yang sudah direncanakan. Dasar-dasar manajemen dalam bisnis mencakup beberapa hal yang harus dipahami, antara lain manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen keuangan dan informasi.
Semua dasar manajemen tersebut harus terpenuhi dengan rinci dan baik dalam suatu organisasi atau bisnis. Berikut ini adalah 5 dasar manajemen bisnis yang harus ada di dalam sebuah perusahaan:

5 Dasar Manajemen Bisnis yang Harus Terpenuhi

Setiap bisnis pasti punya target keuntungan yang ingin dicapai oleh pemiliknya. Semua jenis bisnis punya resiko masing-masing, baik itu resiko material dan non-material. Nah, untuk mencapai target keuntungan tersebut, maka diperlukan adanya manajemen bisnis agar sebuah usaha bisa berjalan dengan baik.
  1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Dasar manajemen bisnis yang pertama dan yang harus ada dalam perencanaan bisnis adalah sumber daya manusia. Selain modal berupa materi, modal sumber daya manusia juga tidak kalah penting sebagai pondasi berkembangnya suatu bisnis.
Sumber daya manusia perlu direncanakan dan dikelola dengan baik. Tidak hanya harus memenuhi kuantitas saja, namun juga mempertimbangkan kualitas SDM. Dalam bisnis atau perusahaan, ada tiga komponen yang berperan untuk mengelolan sumber daya manusia, yaitu pihak personalia, human resource development (HRD) dan human resource management (HRM).



Personalia berfokus pada sesuatu yang bersifat administratif (hubungan employer dan employee), HRD berperan sebagi perencana strategis tenaga kerja dan HRM  berperan sebagai perencana, pengorganisasi dan pengendali SDM sebagai aset penting.
Artikel lain: Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia
  1. Manajemen Produksi

Dasar manajemen produksi juga tidak kalah penting. Produk merupakan output/keluaran dari suatu perusahaan atau bisnis yang melibatkan kepuasan konsumen, baik dalam bentuk barang maupun jasa.
Bisnis yang didirikan tanpa adanya pengetahuan tentang nilai produksi dapat berakibat pada kerugian secara materi dalam jumlah besar. Jika output yang dihasilkan ternyata tidak memiliki nilai jual, ini justru berakibat pada runtuhnya bisnis lebih awal seperti yang sudah banyak terjadi di masyarakat kita.
Manajamen produksi direncanakan, dikelola dan dikendalika atas dasar sudut pandang keinginan dan kepuasan konsumen. Dalam hal ini, perlu adanya survei pendahuluan dengan membagikan kuesioner untuk melihat daya tarik masyarakat.
  1. Manajemen Pemasaran

Pemasaran diartikan sebagai kegiatan yang menciptakan nilai ekonomi terhadap barang dan jasa. Manajemen pemasaran berarti suatu metode untuk merencanakan bagaimana suatu produk atau jasa dapat diterima di tengah masyarakat.



Dasar manajemen ini berperan dalam mengenalkan perusahaan atau bisnis ke masyarakat. Keberhasilan suatu bisnis tidak terlepas dari seberapa penting bisnis tersebut dibutuhkan oleh orang lain. Semakin banyak peminat maka semakin tinggi bisnis berkembang.
Beberapa komponen yang termasuk dalam dasar manajemen pemasaran mencakup; penggalian informasi terhadap pasar secara potensial maupun aktual, merancang program pemasaran dan mengevaluasi program pemasaran perusahaan.
  1. Manajemen Keuangan

Secara singkat, manajemen keuangan adalah bagaimana cara memperoleh dan bagaimana menggunakan uang perusahaan. Manajemen keuangan berkaitan dengan proses keluar masuknya uang baik dan investasi, dana produksi dan sumber dana lain.
Bisnis yang baru berkembang harus memiliki manajemen keuangan yang baik, karena jika dana perusahaan tidak dikelola sesuai dengan tujuan bisa berakibat pada inflasi dalam perusahaan, dimana laju pengeluaran lebih tinggi daripada pemasukan.
Bagian manajemen keuangan setidaknya mempelajari secara detail bagaimana suatu dana bisa didapatkan, digunakan dan dikembalikan.
Baca juga: Kesalahan Manajemen Keuangan yang Seharusnya Dihindari
  1. Manajemen Informasi

Manajemen informasi dalam hal ini merupakan kegiatan untuk memastikan bahwa bisnis yang sedang dikembangkan dapat dijalankan dan masih bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Manajemen informasi sangat krusial disaat bisnis sedang mengalami masa sulit diawal perkembangannya dan di tengah kemampuan komputer yang semakin berkembang.
Jika bisnis kekurangan sumber informasi dapat berakibat pada ketidakmampuan mengendalikan sumber daya sehingga berpengaruh terhadap pengambilan keputusan baik untuk jangka pendek maupun panjang.
Manajemen informasi yang baik adalah yang mampu memberikan sumber informasi yang mendukung bisnis untuk berkembang, seperti informasi terkait pesaing atau kompetitor.
PENUTUP
Itulah dasar-dasar manajemen bisnis yang harus ada dalam suatu perusahaan atau bisnis yang sedang berkembang. Keberhasilan suatu bisnis tidak hanya ditentukan dari banyaknya modal saja, tapi bagaimana dapat memberikan manajemen yang baik bagi komponen bisnisnya untuk menciptakan lingkungan kerja yang efektif dan efisien.

0 comments: