Tidak bisa dipungkiri bahwa Instagram
telah tumbuh dengan cepat menjadi sebuah media favorit untuk berbisnis
di Indonesia. Namun, bukan berarti kamu bisa secara otomatis
menghiraukan Facebook dan Snapchat.
Setiap media sosial memiliki keunikan
masing-masing yang mungkin akan sangat menentukan kesuksesan kegiatan
marketing pada bisnis yang kamu kelola.
Di bawah ini ada beberapa aspek dari ketiga platforms yang
meliputi Facebook, Instagram, dan Snapchat yang harus diperhatikan
dalam menentukan bagaimana dan di mana kamu bisa memfokuskan kegiatan
marketing bisnismu secara tepat.
-
Jumlah Pengguna / Users
Snapchat menyebutkan bahwa platform mereka
didominasi oleh sebagian besar kaum hawa. Oleh karena itu, jika target
bisnismu adalah perempuan ABG, Snapchat menjadi media yang cocok untuk
marketing yang akan dikelola. Sebaliknya, jika target pasar ingin
menjangkau pengguna yang lebih dewasa, Facebook lah jawabannya.
##. Perlu diketahui juga bahwa mayoritas interaksi di Snapchat merupakan pengguna yang sudah saling kenal dekat. Berbeda sekali dengan Instagram yang lebih terbuka di mana mereka bisa berinteraksi dengan orang asing, selebriti, dan bisnis secara bebas.
-
Tipe Konten
Selanjutnya adalah mencoba mengerti tipe
konten di setiap media sosial yang cocok bagi bisnis yang akan
dijalankan. Berikut ini tipe konten yang paling pas untuk di-post pada ketiga media sosial tersebut.
> Instagram: Foto berkualitas tinggi dan profesional, quotes / kata mutiara yang menginspirasi dan memiliki design visual yang menarik, atau video dan foto Story> Snapchat: Foto yang lebih spontan dan mentah (tidak diedit), video atau foto Story
> Facebook: Video atau Live video, dan post dari blog atau artikel yang berguna untuk target pasarmu. Sebagai contoh, video atau artikel panjang yang menjelaskan keunggulan produk atau jasa secara detail.
*Catatan: untuk perbedaan foto antara Instagram dan Snapchat:
- Instagram menerima foto dengan format landscape, portrait atau square. Foto di Snapchat paling baik berorientasi pada portrait
- Foto di Instagram menjadi public secara otomatis (semua followers dapat melihat). Sedangkan di Snapchat foto hanya dibagikan di antara dua orang.
- Foto yang telah kamu post akan berada di halaman Instagram kamu secara permanen, sedangkan foto di Snapchat akan menghilang sesudah 24 jam.Jadi Snapchat cocok untuk menyebarkan promosi yang memiliki jangka waktu singkat.
-
Tipe interaksi
Ada pula perbedaan tingkat interaksi dengan pengguna dan interaksi terhadap posting yang
telah dipublikasikan pada ketiga media sosial itu. Hal ini dipengaruhi
oleh berbagai factor seperti fitur dan desain dari setiap media sosial
seperti yang sudah kita bahas di atas.
> Facebook: Facebook
cocok untuk membagikan konten yang memerlukan perhatian lebih lama dari
penggunanya. Jika konten yang disajikan menarik dan relevan dengan
profil para pengguna Facebook, target pasarmu akan berinteraksi lebih
lama dan mendalam dengan apa yang telah dibagikan.
Halaman Facebook juga bisa dibilang lebih ramai. Berbagai post langsung dari friends kamu, post yang sudah di-shared oleh banyak orang, atau updates terbaru tentang profil friends kamu (contoh: mereka baru add friend baru) menjadi penyebabnya.Oleh karena itu, post kamu di Facebook mungkin akan susah terlihat karena tergeser dengan lainnya.
> Instagram vs. Snapchat: Berbeda dengan Facebook, kedua media sosial ini membuat bisnismu lebih mudah ditemukan karena beberapa fitur yang mereka miliki seperti ini:
- Instagram tidak hanya memberi rekomendasi profil untuk di-follow kepada para penggunanya, tetapi juga menunjukkan berbagai post yang mungkin diminati oleh user.
Di Snapchat, profile kamu hanya bisa dilihat oleh friends kamu, atau orang yang sudah add kamu.
- Facebook Likes, semua likes dan comments di post kamu bisa dibaca oleh semua.
Di Snapchat, hanya kamu yang bisa melihat siapa saja yang menjawab post kamu.
- Di Instagram, orang dapat menemukan profil dan post kamu melalui mention @ dan hashtags #.
Di Snapchat, posts yang mention bisnis kamu hanya bisa dilihat oleh friends atau orang yang melakukan posting.
- Di Instagram, orang akan lebih mudah untuk mengerti dengan brand atau bisnismu karena mereka bisa melihat semua post kamu dari yang lama sampai yang terbaru. Selain itu, mereka juga dapat melihat jumlah followers lewat profilmu.
Informasi di atas tidak tersedia di profil Snapchat kamu karena semua post akan hilang setelah 24 jam.
Semoga penjelasan ini dapat memberi informasi tambahan dalam mengatur strategi marketing di media sosial. Hal yang paling penting di sini adalah usaha untuk mengerti karakter dari target pasar sehingga kamu dapat menentukan cara yang paling tepat untuk berkomunikasi dengan mereka.
Manage online marketing Kamu di Facebook, dan Instagram dari satu tempat dengan Aksato
KLIK DI SINI UNTUK LEBIH MENGENAL AKSATO SEKARANG.
KLIK DI SINI UNTUK LEBIH MENGENAL AKSATO SEKARANG.
0 comments:
Post a Comment